KatalogPhone | Informasi Dunia Gadge Smartphone tablet dan Handphone | Katalogphone ~ Informasi Dunia Gadge Smartphone tablet dan Handphone | www.amadsoleh.com

Teknologi

a
a
a

Akun Twitter Presiden SBY

Liputan6.com, Jakarta : Kepopuleran situs mikroblogging Twitter kini mulai menarik perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. SBY akan mulai berkicau di situs berlambang burung biru itu.

"Bilamana ada hal-hal urgent yang dianggap penting, yang perlu direspons atau pesan yang ingin disampaikan. Bapak Presiden akan langsung men-tweet atau menyampaikan pesan dari akun itu," kata Juru Bicara Kepresidenan, Julian Aldrin Pasha.

Apa nama dan kapan akun Twitter SBY itu diluncurkan? "Namanya akan kita ketahui pada saat beliau menyampaikan secara langsung dalam waktu yang tidak terlalu lama."


Saat ini sudah ada akun Twitter resmi Istana Kepresidenan yang terverifikasi dengan nama @IstanaRakyat. Akun itu pertamakali berkicau pada 8 April 2013.

Namun, belum lagi SBY berkicau, di Twitter sudah bermunculan akun yang memakai nama Presiden SBY ataupun Susilo Bambang Yudhoyono.

Penelusuran Liputan6.com, saat ini sudah ada 24 akun yang memakai nama Presiden SBY dan variannya. Mulai dari akun yang mengaku-aku resmi hingga akun parodi. Namun, dari sekian banyak akun itu belum ada yang mendapat verifikasi dari Twitter.

Berikut daftar akun Presiden SBY:
1. @presidenSBY. Akun yang memakai biografi News in Presiden Republik Indonesia Dr H Susilo Bambang Yudhoyono ini dibuat sejak 17 November 2008. Akun ini diketahui sudah berkicau 3.225 kali dan mengikuti 690 orang dan diikuti sebanyak 124.173 orang.

2. @soesilobambang. Akun ini memakai biografi official account. Akun yang telah berkicau sebanyak 825 kali ini diikuti 19.154 orang.

3. @InfoPresidenSBY. Akun ini memakai biografi Berbagai Berita tentang SBY dan sudah berkicau sebanyak 3.290 kali.

4. @PresidenSBY_. Akun ini menggunakan biografi Bapak negara RI.

5. @presidenSBY1. Akun ini bahkan sama sekali belum pernah berkicau.

Selain itu, ada juga akun seperti @presidenSBY2, @presidenSBY3, @sby_presiden, @SBYpresidenRI, @PRESIDEN_RI, @PresidenAley, @_PresidenRI_, @SBYpresidenkoe, @SBY_Presiden_RI, @sindirSBY, @SBY_INDO, @presiden_a, @SBYdigest, @Presidensbyku, @PresidenSBYIndo, bahkan ada akun @presidenSBYkw.

Tak hanya itu, saat ini sudah ada akun @S_B_Yudhoyono yang mengaku sebagai akun resmi Presiden SBY dan @Plaid_Bambang yang mengaku sebagai akun parodi Presiden SBY.

Juru Bicara SBY, Julian menambahkan, dalam akun resmi SBY nantinya akan memiliki simbol tertentu. "Twitter itu tentunya dengan tanda atau simbol tertentu yang memang itu menegaskan bahwa itu dikirimkan langsung oleh Presiden," kata Julian.

Julian akui, situs jejaring media sosial itu sangat memberikan pengaruh luas kepada masyarakat. Maka, atas dasar pertimbangan itu Presiden memutuskan memiliki akun sendiri. "Jumlah followers tak penting, yang terpenting adalah pesan yang ingin Presiden sampaikan ke masyarakat," jelas Julian. 


Boleh Keras Tapi Jangan Memaki

Hadirnya Presiden SBY di dunia Twitter ini membuat pro dan kontra. Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ramadhan Pohan mempersilakan masyarakat berinteraksi dengan Presiden SBY. Namun para pengguna Twitter diimbau menggunakan kata-kata yang santun.

"Boleh menggunakan kata-kata keras dan kritis, tapi jangan yang makian, kebun binatang, dan sebagainya," ujar Ramadhan di Gedung DPR, Jakarta.

Menurut Ramadhan, akun Twitter pribadi SBY merupakan ruang terbuka yang dibaca generasi muda. Dia mengapresiasi langkah SBY yang akhirnya membuat akun resmi di jejaring sosial di dunia maya. "Ini adalah ruang demokratisasi," ujarnya.

Dengan akun itu, dia menambahkan, masyarakat menjadi lebih mudah untuk menyalurkan aspirasi dan menyatakan ekspresi politik mereka secara langsung ke SBY. "Presiden tidak menjadi eksklusif di sana," tegas Ramadhan.

Sementara, Sutan Bhatoegana hadirnya SBY di dunia perkicauan itu sudah dipikirkan matang-matang. Bahkan SBY juga sudah siap menerima mentions pedas dari pengikutnya. 

"Namun, apakah Pak SBY mau menerima itu dibalasnya baik-baik atau ditutup (diblok) sama dia sekalian, selesai itu barang," kata Sutan. 

Menurut Sutan, langkah SBY membuat akun Twitter pribadi untuk lebih merakyat dan membuka komunikasi melalui berbagai hal. Sutan yakin, sebelum memutuskan untuk merilis akun resminya, tentu SBY telah memikirkan permasalahan cemoohan yang begitu liar di dunia maya.

Sehingga, Sutan menegaskan bahwa cacian-cacian di laman Twitter nanti akan diperhatikan oleh SBY. Karena liarnya dunia maya, itu menjadi salah satu pertimbangan Sutan tidak mengikuti langkah SBY membuat akun Twitter.


Kicauan Cikeas

Sebelum SBY berkicau di Twitter, 2 putranya bahkan sudah terlebih dahulu aktif. Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono sudah aktif di twitter.

Edhie Baskoro yang lebih akrab disapa Ibas itu bahkan sudah lama menggunakan sosial media ini dengan memiliki akun @Edhie_Baskoro. Dan kemudian diikuti kakaknya, Agus Harimurti, yang memiliki akun @AgusYudhoyono. Dua akun putra SBY ini bahkan sudah diverifikasi pihak Twitter.

Tak hanya itu, 2 menantu SBY Annisa Pohan dan Aliya Rajasa juga memiliki akun twitternya sendiri. Annisa Pohan memiliki akun di @AnnisaPohan, sedangkan Aliya memiliki akun resmi @aliyarajasa.

Selain itu, sejumlah menteri SBY kini juga sudah memiliki akun twitter. Mulai dari Tifatul Sembiring, Gita Wiryawan, hingga Suswono. (Ary)

Sumber : http://news.liputan6.com/read/559368/semarak-twitter-sang-presiden
Anda telah membaca artikel tentang Akun Twitter Presiden SBY di blog Online Education and Tranning Jika artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan menekan Ctrl + D pada keyboard anda.

Artikel terbaru :

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat