KatalogPhone | Informasi Dunia Gadge Smartphone tablet dan Handphone | Katalogphone ~ Informasi Dunia Gadge Smartphone tablet dan Handphone | www.amadsoleh.com

Teknologi

a
a
a

Pengaturan JJM Di Dapodikdas

Di tingkat SD, sistem pengaturan JJM di DAPODIK tidak 100% mengadopsi sistem pengaturan JJM pada KTSP SD. Contoh: Dalam Dapodik Guru Kelas adalah 24 jam (MAKSIMAL). Sementara dalam KTSP tidak ada gabungan mata pelajaran UTAMA (Bahasa Indonesia 5 jam, Matematika 5 jam, IPA 4 jam, IPS 3 jam, SBK 4 jam serta Mulok 2 jam) yg jumlahnya PAS 24 jam, sedangkan PAI, PJOK sudah ada gurunya tersendiri dan PKn biasanya dipegang oleh Kepsek yang sertifikasinya Guru Kelas. 
Jadi??? Ya kita ikuti aturan maen dapodik saja, yaitu:
1. PAI = 3 jam
2. PJOK = 4 jam
3. Guru Kelas =24 jam
4. Kepsek ambil PKn = 2 jam ( di kelas 4, 5 dan 6)

DAN JUGA JUMLAH JJM TOTAL DALAM DAPODIK TIDAK MESTI 201 (201 berasal dari kelas 1=30, kls 2=31, kelas 3 =32, kelas 4,5,6 masing-masing 36). Karena Klo dari JJM KTSP jumlah total adalah 177, tetapi ada kalimat yg menyatakan tiap sekolah boleh menambah MAKSIMAL 4. Sehingga JJM yang tadinya 177 berubah menjadi 201. Sedangkan arti dari kata “MAKSIMAL” adalah BOLEH KURANG, LEBIH JANGAN. Artinya menurut saya, boleh kurang dari 201 asal jangan melebihi 201. Jadi yang penting guru PAI, guru PJOK, Guru Kelas dan Kepsek dalam pengisian dapodik sudah terpenuhi semua JJM nya.

(dalam forum diskusi, yuk kita saling menghargai dalam berbagi)


Anda telah membaca artikel tentang Pengaturan JJM Di Dapodikdas di blog Online Education and Tranning Jika artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan menekan Ctrl + D pada keyboard anda.

Artikel terbaru :

Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat