Pada sekolah dasar memiliki 6 kelas rombel. Masing-masing kelas 1-6 satu kelas. Disekolah tersebut memiliki 8 guru kelas sudah sertifikasi, 2 guru penjas dan 1 guru agama. Dari jumlah kelas dan jumlah guru kelas yang ada saja sudah dapat dibaca bahwa sekolah tersebut kelebihan guru.
Pada ilustrasi berikut ini kepala sekolah sudah sertifikasi sebagai guru kelas dengan kode 027.
Kelas | Mapel | Jam | Keterangan | |
I | 1 | Guru Kelas | 24 | Normal |
2 | PAI | 4 | ||
3 | Penjas | 4 | ||
4 | Mulok Bahasa Daerah | 2 | ||
II | 1 | Guru Kelas | 24 | Normal |
2 | PAI | 3 | ||
3 | Penjas | 4 | ||
4 | Mulok Bahasa Daerah | 2 | ||
III | 1 | Guru Kelas | 24 | Normal |
2 | PAI | 4 | ||
3 | Penjas | 4 | ||
4 | Mulok Bahasa Daerah | 2 | ||
IV | 1 | Guru Kelas | 24 | Normal |
2 | PAI | 4 | ||
3 | Penjas | 4 | ||
4 | Mulok Bahasa Daerah | 2 | ||
5 | PPKN | 2 | ||
V | 1 | Guru Kelas | 24 | Normal |
2 | PAI | 4 | ||
3 | Penjas | 4 | ||
4 | Mulok Bahasa Daerah | 2 | ||
5 | PPKN | 2 | ||
VI | 1 | Guru Kelas | 24 | Normal |
2 | PAI | 4 | ||
3 | Penjas | 4 | ||
4 | Mulok Bahasa Daerah | 2 | ||
5 | PPKN | 2 |
Pada ilustrasi diatas, kelas ini ideal untuk jumlah guru kelas sebanyak 7 orang termasuk kepala sekolah (KS dapat memegang PPKN), 1 orang guru penjas dan 1 orang guru PAI. Jika ini yang diterapkan pada sekolah "eta" maka ada dua guru yang SKTPnya tidak bisa terbit, yaitu 1 guru kelas dan 1 guru penjas.
Jika sekolah menambahkan jam pelajaran baru maka status rombel menjadi tidak normal.
Contoh lainnya pada jenjang SMP :
Mata Pelajaran | Nama Guru | JJM | JJM KTSP |
---|---|---|---|
156-Bahasa Indonesia | YSR | 4 | 4 |
157-Bahasa Inggris | E.SPd | 5 | 4 |
810-Bimbingan dan Konseling (Konselor) | Pri | 1 | 0 |
097-Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) | SS | 5 | 4 |
100-Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) | AN | 4 | 4 |
100-Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) | WR | 4 | 4 |
227-Keterampilan | SS | 2 | 2 |
180-Matematika | KK | 4 | 4 |
063-Muatan Lokal Potensi Daerah | SP | 2 | 0 |
127-Pendidikan Agama Islam | ME | 2 | 2 |
220-Pendidikan Jasmani dan Kesehatan | SMS | 2 | 2 |
154-Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) | RL | 4 | 2 |
154-Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) | Stres | 2 | 2 |
217-Seni Budaya | SK | 1 | 2 |
217-Seni Budaya | Rus | 1 | 2 |
224-Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) | Mul | 2 | 0 |
Jumlah Jam Mengajar Rombel | - | 45 | 38 |
Pada contoh diatas yang menyebabkan rombel tidak normal adalah karena jumlah jam lebih dari 36 dan ada beberapa mata pelajaran yang diajarkan oleh dua orang guru (IPS, PPKn, Seni Budaya).
Bimbingan konselor tidak menyebabkan rombel tidak normal walaupun jumlah jamnya terhitung dalam JJM di rombel tetapi tidak dihitung pada JJM Ktsp.
Sebenarnya rombel diatas akan menjadi normal jika IPS, PPKn dan Seni Budaya tidak double.
Apakah JJM rombel diatas menyebabkan semua guru menjadi tidak terbit SKTPnya,????
Jawabanya tidak,
Misalnya guru "KK" yang mengajar matematika, dia akan terbit SKTPnya jika dia memang mengajar 24 jam dan pada rombel lain tidak termasuk salah satu yang menyebabkan rombel tidak normal.
Kenapa "KK" bisa terbit ?
Jawabannya "KK" mengajar sesuai dengan aturan yang ada, yaitu sesuai dengan KTSP yang sudah ditetapkan. Jumlah jam mengajar "KK" pada rombel diatas tidak melebihi jumlah jam KTSP yaitu 4 jam. sehingga "KK" tidak menyebabkan rombel menjadi tidak normal.
Tapi "SS" guru IPA tidak bisa terbit SKTPnya sebab dia mengajar tidak sesuai dengan aturan KTSP, jumlah jam mengajarnya melebihi jumlah jam KTSP.
Anda telah membaca artikel tentang Contoh Pengisian JJM SD dan SMP di Dapodikdas di blog Online Education and Tranning Jika artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan menekan Ctrl + D pada keyboard anda.
Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bermanfaat